Penulisan Karya Tulis Ilmiah: Membentuk Mahasiswa Intelektual yang Membudayakan Minat Baca dan Terampil dalam Menulis
Keywords:
Karya Tulis Ilmiah, Intelektual, Minat Baca, MenulisAbstract
Upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya etika penulisan dalam konteks akademik. Selain kesenjangan dalam aspek teknis penulisan, masih terdapat kesenjangan dalam pemahaman konsep-konsep dasar yang menjadi landasan dari karya tulis ilmiah. Faktor lingkungan juga berperan dalam mempengaruhi minat baca dan keterampilan menulis mahasiswa. Ketika lingkungan sekitar tidak mendorong atau bahkan menghargai kegiatan membaca dan menulis, mahasiswa cenderung kurang termotivasi untuk melakukannya. Terlebih lagi, jika kurikulum pendidikan kurang memberikan perhatian pada pengembangan literasi, baik membaca maupun menulis, maka hal ini dapat menyulitkan mahasiswa untuk memperoleh kemampuan tersebut secara memadai. Metode yang diterapkan dalam Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah bertujuan untuk membentuk mahasiswa menjadi individu yang memiliki kecakapan intelektual yang mendalam serta kebiasaan membaca yang berwawasan luas. Kegiatan seminar ini tidak hanya fokus pada pelatihan keterampilan menulis, tetapi juga memperkuat fondasi pembacaan yang kuat. Kegiatan yang dilakukan dalam Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk membentuk mahasiswa intelektual yang memupuk minat baca dan keterampilan menulis: 1) Pelatihan Keterampilan Menulis; 2) Diskusi; 3) Sesi Pembacaan dan Analisis; dan 4) Mentoring Individual.