Kegiatan Pengenalan Membaca Permulaan Bahasa Inggris dengan Metode Fonik bagi Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Baubau
DOI:
https://doi.org/10.35326/termasyhur.v2i1.5165Keywords:
Early Childhood, Introduction to English Beginning Reading, Phonics MethodAbstract
Dalam dunia pendidikan anak usia dini, bahasa Inggris menjadi bagian dari pembelajaran yang disuguhkan kepada anak. Meskipun demikian, pembelajaran bahasa Inggris bagi anak usai dini belum dilakukan dengan maksimal karena berbagai faktor. TK Negeri Pembina merupakan salah satu TK negeri yang ada di Kota Baubau yang memiliki peserta didik dengan potensi dan bakat yang sangat berprospek baik di masa yang akan datang. Anak-anak yang memiliki kemampuan bahasa Inggris sejak dari TK adalah salah satu harapan pendidik dan orang tua. Penyajian bahasa Inggris yang menjadi bagian dari pembelajaran bagi anak usia dini di TK sangat penting dilakukan karena mengingat manfaatnya di masa yang akan datang. Kegiatan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah kegiatan pengenalan membaca permulaan bahasa Inggris yang diajarkan kepada anak usia 5-6 tahun dengan metode fonik di TK Negeri Pembina Kota Baubau. Kegiatan ini bertujuan sebagai bekal penanaman kemampuan bahasa Inggris kepada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Baubau. Kegiatan ini memfokuskan pada kegiatan pengenalan membaca permulaan yaitu pengenalan bunyi yang dilafalkan yang dihasilkan oleh huruf-huruf alfabet dengan menggunakan metode fonik. Kegiatan ini mendapat respon yang sangat positif dari kepala sekolah dan pendidik di TK Negeri Pembina serta anak-anak sangat antusias mengikutinya.