Pembelajaran Non Akademik dalam Pelaksanaan Observasi Pengenalan Lapangan Persekolahan

Authors

  • Faslia Faslia Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nurhikmah Nurhikmah Universitas Muhammadiyah Buton
  • Maman Chahyono Universitas Muhammadiyah Buton
  • Firna Firna Universitas Muhammadiyah Buton
  • Nurdiana Nurdiana Universitas Muhammadiyah Buton
  • Siti Nur Aulia Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Non Akademik, Observasi, Pengenalan Lapangan, Prasekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan. Pelaksanaan, evaluasi, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler dalam membina sikap disiplin dan bertanggung jawab peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, karena penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran yang mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler dalam membina karakter peserta didik terutama dalam penanaman karakter disiplin dan bertanggung jawab dengan pendekatan manajemen pendidikan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara umum berjalan sesuai program kerja ekstrakurikuler. Namun dalam perencanaan setiap program ekstrakurikuler belum ada perencanaan mengenai pendidikan karakter sehingga kegiatan ekstrakulikuler belum mampu menjadi media pembelajaran pendidikan karakter, kemudian dalam pelaksanaannya yang menjadi penghambat berjalannya kegiatan ekstrakulikuler adalah jumlah tenaga guru pembina yang terbatas, sarana dan prasarana yang belum memadai, dan partisipasi dukungan dari komite sekolah masih rendah dan dalam evaluasi objektivitas penilaian harus menjadi fokus utama mengingat penilaian secara umum dilakukan oleh peserta didik bukan oleh guru pembina sehingga output yang dihasilkan untuk perbaikan peserta didik menjadi kurang maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-23