Pengembangan Media Digitesa ( Digital Teka-Teki Silang ) pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Crossword Puzzle, Digital, ffectiveness, Pancasila EducationAbstract
Penelitian ini dilaksanakan menggunakan media DIGITESA (Digital Teka-Teki Silang) pada materi Pancasila dalam diriku subtema Makna sila Pancasila serta sikap dan perilaku yang mencerminkan pengamalan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat yang bertujuan untuk menguji keefektifan media DIGITESA (Digital Teka-Teki Silang) yang dikembangkan merupakan media permainan edukatif yang terintegrasi dengan teknologi web digital dan mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan soal posttest yang diberikan kepada siswa kelas IV SDN 2 Singocandi. Hasil uji validitas ahli media berada pada kategori sangat sesuai dengan rata-rata 93,7%. Hasil uji validitas ahli materi berada pada kategori sangat sesuai dengan rata-rata 89,5%. Berdasarkan hasil uji normalitas data diperoleh signifikansi (sig) hasil pretest dan posttest sebesar 0,200 sehingga dapat disimpulkan bahwa sebaran data dari kedua variabel tersebut terdistribusi normal karena signifikansinya > 0,05 dan memenuhi prasyarat uji normalitas. Sehingga dapat dilanjutkan pada uji N-Gain. Adapun hasil dari uji N-Gain score memperoleh rata-rata sebesar 0,7244 dengan kategori “tinggi”. Sedangkan nilai rata-rata N-Gain persen sebesar 72,44% dengan kriteria tafsiran keefektifan “cukup efektif”.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media DIGITESA (Digital Teka-Teki Silang) dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.