Meningkatkan Hasil Belajar melalui Galery of Learning pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Acoci Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irman Matje Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Gallery of Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri 1 Karya Mulya melalui penerapan metode Gallery of Learning. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai rata-rata dan minimnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran konvensional, yang berdampak pada kurang optimalnya pemahaman materi. Metode Gallery of Learning diimplementasikan sebagai strategi pembelajaran inovatif yang mengedepankan partisipasi aktif, kreativitas, dan kolaborasi melalui pameran hasil karya siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus perbaikan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan mencakup tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan wawancara dengan guru. Data kuantitatif dan kualitatif menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keaktifan diskusi, kepercayaan diri dalam memamerkan karya, serta peningkatan interaksi dan apresiasi antar siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode Gallery of Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi aktif siswa. Selain itu, metode ini mampu menumbuhkan kreativitas, memperbaiki dinamika kelas, dan meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengekspresikan ide mereka. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan strategi pembelajaran inovatif di sekolah dasar guna menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan mendukung keberhasilan proses Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Acoci, & Matje, I. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar melalui Galery of Learning pada Siswa Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(3), 491–503. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/7190