Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik Naskah Drama pada Siswa Kelas VI MIN 2 Kota Baubau
Keywords:
Identification skills, Intrinsic elements, Drama scriptAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama siswa kelas VI MIN 2 Kota Baubau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kuantitatif, yaitu peneliti akan menggambarkan secara objektif hasil yang diperoleh siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur intinsik naskah drama “Matahari dari Lilin Kecil” karya La Ode Muh. Rauf Alimin dengan menggunakan angka-angka sesuai dengan prinsip statistik tang digunakan dalam penelitian ini. Adapun teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 20 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dijelaskan bahwa dari 20 orang siswa yang menjadi sampel penelitian, terdapat 14 siswa atau 70% berkategori mampu secara individual dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama, dan 6 siswa atau 30% tidak mampu dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama. Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VI MIN 2 Kota Baubau dalam mengidentifikasi unsur-unsur naskah drama dikategorikan tidak mampu. Dikatakan demikian, karena secara klasikal kemampuan siswa kelas VI MIN 2 Kota Baubau Kolese hanya mencapai 70%. Aspek mengidentifikasi latar 90%, aspek mengidentifikasi dialog 90%, aspek mengidentifikasi tokoh dan perwatakan 75%, aspek mengidentifikasi tema dan amanat 75%, aspek mengidentifikasi gaya bahasa 60%, aspek mengidentifikasi alur 50%.