Pengembangan Teknologi Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Keywords:
Teknologi Pembelajaran, Media Animasi, PAIAbstract
Pengembangan teknologi pembelajaran interaktif juga menghadapi tantangan, seperti kesenjangan akses terhadap perangkat teknologi dan keterbatasan literasi digital di beberapa kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi pembelajaran interaktif berbasis video animasi dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas dan daya tarik pembelajaran PAI, yang sering kali masih menggunakan metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Video animasi yang dikembangkan mencakup berbagai tema penting dalam PAI, disajikan dengan cara yang menarik dan interaktif. Uji coba dilakukan di beberapa sekolah dasar, dan hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa serta respons positif terhadap penggunaan media ini. Dengan demikian, pengembangan teknologi pembelajaran interaktif berbasis video animasi diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah dasar, serta mempersiapkan siswa untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.