Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Meteri Kegiatan Ekonomi pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Yanto Badje Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Azan Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa Ode Eli Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rosniati Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Fasilitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Nganganaumala yang terdiri dari 91 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan sampel total dengan jumlah sampel 91 siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknis analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana, dan uji determinasi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Data menunjukkan bahwa siswa yang memiliki akses ke fasilitas belajar yang memadai, seperti ruang kelas yang nyaman, media pembelajaran interaktif, dan akses terhadap sumber belajar, cenderung mencapai hasil belajar yang lebih baik. Hasil uji statistik mendukung adanya hubungan positif antara kualitas fasilitas belajar dan tingkat pemahaman siswa, dengan mayoritas siswa berada dalam kategori tinggi. Meskipun demikian, masih terdapat sebagian siswa yang menunjukkan hasil belajar sedang dan rendah, menandakan perlunya perhatian lebih dalam menyediakan fasilitas yang lebih inklusif dan berkualitas. Dengan demikian, peningkatan fasilitas belajar menjadi langkah strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Badje, Y., Azan, Eli, W. O., & Rosniati. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Meteri Kegiatan Ekonomi pada Siswa Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(3), 376–388. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/6948