Penerapan Model Pembelajaran Permainan Kata Berantai dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Model Pembelajaran, Kata Berantai, Bahasa IndonesiaAbstract
Pendekatan yang kreatif dan sistematis, permainan kata berantai diharapkan mampu meningkatkan penguasaan bahasa siswa, membangun rasa percaya diri, dan menciptakan suasana belajar yang interaktif di Kelas II SD Gugus Lea-Lea. Rendahnya keterampilan bahasa siswa ini bukan hanya memengaruhi kemampuan akademik mereka tetapi juga berdampak pada kepercayaan diri dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana penerapan model pembelajaran permainan kata berantai dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas II SD Gugus Lea-Lea. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang diterapkan adalah Pretest-Posttest Control Group Design, yang memungkinkan pengukuran efektivitas intervensi melalui perbandingan hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan control. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran permainan kata berantai secara signifikan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Gugus Lea-Lea, dibandingkan dengan pendekatan tradisional. Model ini lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan berbahasa, dan motivasi siswa. Temuan ini didukung oleh uji statistik yang valid, sehingga model ini direkomendasikan sebagai strategi inovatif dalam pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.