Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Tingkat Disiplin Guru di Sekolah Dasar

Authors

  • Agusalim Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Riniati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Deki Wibowo Universitas Muhammadiyah Kudus

Keywords:

Lingkungan Kerja, Tingkat Disiplin, Guru

Abstract

Lingkungan kerja yang positif dan kondusif dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi guru dalam menjalankan tugas mereka, baik dalam kegiatan mengajar di kelas maupun dalam memenuhi tanggung jawab administratif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap tingkat disiplin guru di SD Negeri 3 Nganganaumala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional untuk menganalisis hubungan antara Lingkungan kerja dan tingkat disiplin kerja guru di SD Negeri 3 Nganganaumala. Analisis data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan teknik analisis korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara variabel Lingkungan kerja dan tingkat disiplin kerja. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat disiplin guru di SD Negeri 3 Nganganaumala secara keseluruhan berada pada tingkat yang moderat dengan sedikit variasi. Meskipun terdapat perbedaan antara guru, sebagian besar memiliki tingkat disiplin yang konsisten, tercermin dari rata-rata yang stabil dan rendahnya standar deviasi. Hal ini mengindikasikan bahwa faktor-faktor seperti lingkungan kerja yang kondusif dan kebijakan manajerial yang mendukung berperan penting dalam menjaga konsistensi kedisiplinan guru. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan agar pihak sekolah terus menjaga dan meningkatkan kondisi kerja yang positif untuk mempertahankan dan memperbaiki tingkat disiplin guru di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Agusalim, Riniati, W. O., & Wibowo, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Tingkat Disiplin Guru di Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(3), 325–337. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/6922