Analisis Perspektif Mahasiswa Non Jurusan Bahasa Inggris dalam Penggunaan “Duolingo” sebagai Alat Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Susi Astiantih USN Kolaka
  • Nurul Haeniah USN Kolaka
  • Kevin Hendrawan USN Kolaka

Keywords:

Duolingo, Persepsi Mahasiswa, Alat Pembelajaran

Abstract

Duolingo adalah platform pembelajaran bahasa populer yang telah mendapatkan daya tarik signifikan. Desainnya berfokus pada penguasaan bahasa yang lebih mudah diakses, menarik, dan efektif melalui gamifikasi dan pembelajaran yang dipersonalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap Duolingo sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan non bahasa inggris yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulannya menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Kuesioner diberikan untuk mengetahui persepsi mahasiswa dan wawancara dilakukan untuk mengetahui jawaban lebih mendalam sehingga peneliti dapat mendeskripsikan dan mempelajari secara maksimal persepsi mahasiswa terhadap aplikasi Duolingo sebagai alat evaluasi. Sedangkan dokumentasi untuk mengumpulkan dan menyimpan informasi tentang data mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 91,25% mahasiswa tertarik menggunakan aplikasi Duolingo sebagai alat pembelajaran dikarenakan penggunaan yang mudah, tampilan yang menarik, dan pertanyaan yang bervariasi yang membuat mahasiswa ingin menggunakan Duolingo sebagai untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Astiantih, S., Haeniah, N., & Hendrawan, K. (2024). Analisis Perspektif Mahasiswa Non Jurusan Bahasa Inggris dalam Penggunaan “Duolingo” sebagai Alat Pembelajaran Bahasa Inggris. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(3), 316–324. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/6564