Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Kognitif Konsep Perpindahan Kalor pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ayu Diarni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Maruf Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahmawati Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Model Quantum Teaching, Proses Sains, Kognitif, Perpindahan kalor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya keterampilan proses sains (KPS) dan kemampuan kognitif konsep perpindahan kalor siswa kelas V sekolah dasar baik parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus 3 Kecamatan bajeng tahun Pelajaran 2023/2024 berjumlah 108 siswa. Teknik penarikan sampel ialah purposive sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, yang akan dianalisis secara statistik baik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model quantum teaching termasuk kategori efektif. Berdasarkan uji t, terdapat pengaruh model quantum teaching terhadap KPS karena nilai sig. 0,000 < 0,05 atau t-hitung 22,217 > 2,1199 t tabel. Begitu hasil uji t untuk kemampuan kognitif, terdapat pengaruh model quantum teaching terhadap kemampuan kognitif siswa karena nilai sig. 0,000 < 0,05 atau nilai t hitung 8,759 > 2,1199 t tabel. Untuk pengaruh secara simultan model quantum teaching terhadap KPS dan kemampuan kognitif, dilakukan uji MANOVA dan memperoleh hasil dari tabel multivariate tests menunjukkan nilai F untuk Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root nilai sig. 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh model Quantum Teaching terhadap perpindahan kalor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Diarni, A., Maruf, & Rahmawati. (2024). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Kognitif Konsep Perpindahan Kalor pada Siswa Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 208–225. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/6358