Pemanfaatan Sumber Daya Lokal Sebagai Media Pembelajaran Agama Islam pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
Keywords:
Sumber Daya Lokal, Media Pembelajaran, Kurikulum MerdekaAbstract
Pemanfaatan sumber daya lokal sebagai media pembelajaran Agama Islam pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar memiliki potensi besar untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, seperti tradisi, budaya, dan tokoh agama setempat, materi pembelajaran Agama Islam dapat disajikan dengan lebih relevan dan menarik. Hal ini memungkinkan siswa untuk lebih memahami nilai-nilai agama dalam konteks kehidupan sehari-hari, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya dan kearifan lokal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan sumber daya local sebagai media pembelajaran Agama Islam pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan salah satu penelitian yang memiliki tujuan untuk memahami fenomena atau kejadian yang dialami oleh si subjek penelitian secara holistik dan dengan menggunakan cara deskriptif yaitu menggunakan kata-kata serta penggunaan bahasa yang alami dan dengan menggunakan atau memanfaatkan berbagai metode- metode penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Negeri 1 Malalanda, pemanfaatan sumber daya lokal dalam pembelajaran agama Islam di kelas III dan IV membantu siswa memahami konsep agama dengan lebih mudah dan relevan. Pendekatan ini meningkatkan motivasi, antusiasme, serta mengajarkan nilai-nilai seperti toleransi dan gotong-royong, yang memperkaya pengalaman belajar siswa di kedua kelas tersebut.