PROBLEMATIKA PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH SD NEGERI SATAP 11 KONAWE SELATAN
Keywords:
Teacher Difficulty, Thematic Learning, Primary SchoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru dalam perencanaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran tematik serta solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan pada perencanaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran tematik dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskritif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa: dalam 1). Perencanaan pembelajaran guru kelas rendah SDN Satap 11 Konsel kesulitan saat menentukan alokasi waktu pembelajaran, memadukan muatan pelajaran ke dalam langkah-langkah pembelajaran, menentukan indikator pencapaian kompetensi serta menyediakan media pembelajaran berupa alat peraga asli. 2). Kesulitan guru kelas rendah dalam menerapkan pembelajaran teamatik kurikulum 2013, guru kesulitan saat menerapkan pembelajaran tematik yang pada muatan pelajaran IPA, SBdP, PJOK, dan Matematika karena konsep materi yang terkandung pada muatan pelajaran tesebut lebih merujuk pada aspek psikomotorik dan memang harus melakukan beberapa praktek serta menghasilkan hasil karya. 3). Kesulitan yang dihadapi guru kelas rendah dalam mendesain evaluasi pada pembelajaran tematik kurikulum 2013, guru kesulitan dalam melakukan penilaian pada aspek afektif, membuat instrumen rubrik penilaian dan pengimputan nilai akhir di raport yang berdasarkan muatan pelajaran bukan. 4). Solusi yang dilakukan yakni menggunakan buku guru sebagai panduan penyusunan RPP, menggunakan media gambar sebagai pengganti media alat peraga, dan memisahkan penilaian antar tema menjadi antar muatan pelajaran untuk pengimputan nilai raport.