PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PESERTA DIDIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Authors

  • Radha Damaryanti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
  • Muhammad Syarwa Sangila Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
  • La Boy Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
  • Abdul Kadir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
  • Marlina Marlina Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Keywords:

Peran Guru, Penilaian Autentik, Kurikulum 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1). Implementasi penilaian autentik siswa berdasarkan kurikulum 2013; 2). Kesulitan yang dihadapi guru dalam menerapkan penilaian autentik siswa berdasarkan kurikulum 2013; 3). Upaya guru mengatasi kesulitan dalam penilaian autentik siswa berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket terbuka yang dianalisis melalui reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penilaian autentik di MIN 2 Konawe Selatan dilaksanakan dengan cukup baik oleh para guru dan hal ini sesuai dengan aspek penilaian autentik yang ada saat ini yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik; 2). Kesulitan guru dalam melaksanakan penilaian autentik adalah guru belum memahami penilaian autentik, selain itu guru mengalami kesulitan dalam proses penilaian pada sisi kognitif yaitu kemampuan siswa dalam memahami materi, sedangkan pada afektif; 3). Solusi guru untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan mencari referensi di google terkait penilaian autentik, pada sisi kognitif guru mengoreksi, pada sisi afektif guru memperingatkan siswa dan bekerja sama dengan orang tua untuk bimbingan. Siswa pada aspek psikomotor, guru langsung membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam membuat produk,

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Damaryanti, R., Sangila, M. S., La Boy, Kadir, A., & Marlina, M. (2023). PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PESERTA DIDIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 100–110. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/taksonomi/article/view/4436