PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Acoci Acoci Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irman Matje Universitas Muhammadiyah Buton
  • Farisatma Farisatma Universitas Muhammadiyah Buton
  • Anisa Rizkayati Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/taksonomi.v3i1.3364

Keywords:

Pendidikan, Orang Tua, Motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 2 Nganganaumala. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif lebih berorientasi pada pendekatan survai. Dengan pendekatan survai ini, peneliti hendak menggambarkan karakteristik tertentu dari suatu populasi, variable yang ditelaah disejalankan dengan karakteristik yang menjadi fokus perhatian survai tersebut. Perhitungan uji validitas menggunakan Statistical Program for Social Science (SPSS) for Version 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pendidikan orang tua memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Nganganaumala sebesar 0.68. Apabila dilihat besarnya rxy yang diperoleh ini, yaitu: 0.68 ternyata terletak antara 0.40 - 0.70. dapat dinyatakan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat pengaruh yang sedang atau cukup. Hasil uji validitas untuk kuesioner variabel X (Nilai Pendidikan Orang Tua) yang berjumlah 15 item pertanyaan, dapat diketahui bahwa seluruh pertanyaan dinyatakan valid, dimana hasil perbandingan antara rhitung > rtabel, dengan taraf signifikan 0,05 (5%) dan perhitungan menunjukkan bahwa koefisien > 0,334.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Acoci, A., Matje, I., Farisatma, F., & Rizkayati, A. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v3i1.3364