PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eka Aprilia Rustamaji Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.35326/taksonomi.v3i1.3329

Keywords:

Model STAD, Hasil Belajar, Pengukuran, Matematika

Abstract

Tujuan penelitian guna meningkatkan hasil belajar pada muatan matematika materi pengukuran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas II SDN Socah 3. Rumusan masalah penelitian ialah bagaimana Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) bisa meningkatkan hasil belajar pada muatan matematika materi pengukuran pada siswa kelas II SDN Socah 3. Hal ini dikarenakan rendahnya hasil belajar siswa kelas II dan kurangnya kerja sama tim. Metode penelitian ialah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ialah siswa kelas II SDN Socah 3 yang mencakup 9 perempuan dan 10 laki-laki. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil dari penelitian ini ialah pembelajaran menggunakan model student teams achievement divisions (STAD) terbukti bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan matematika materi pengukuran. Hal ini bisa ditinjau pada hasil tes dan hasil mengamati kegiatan siswa siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada pra-siklus ketuntasan belajar siswa 21%, pada siklus I 34,73%, dan pada siklus II mengalami peningkatan kembali sebesar 94,11%. Berdasarkan hasil belajar dan hasil aktivitas siswa dan guru maka bisa disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran STAD bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Socah 3.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Rustamaji, E. A. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v3i1.3329