PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI DI SDN SAMATAN

Authors

  • Maulidia Nifa Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.35326/taksonomi.v3i1.3328

Keywords:

Bilangan Bulat, Media Garis Bilangan, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran video animasi interaktif terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi sistem pencernaan manusia pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian di SDN Socah 3. Subjek Penelitiannya adalah siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun instrumen penelitiannya adalah pedoman wawancara, lembar observasi kegaiatan guru dan siswa, dan lembar soal tes evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal, nilai rata-rata siswa mencapai 66,4 dimana hanya ada 10 siswa (41,6%) tuntas. Pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa mencapai 70,6 dengan 17 siswa (70,8%) tuntas. Pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,2 dengan total 21 siswa (87,5%) tuntas. Dari hasil tersebut, maka kesimpulannya adalah terjadi peningkatan hasil belajar IPA materi Sistem Pencernaan Pada Manusia dengan menggunakan media pembelajaran video animasi interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Nifa, M. (2023). PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI DI SDN SAMATAN. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 72–78. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v3i1.3328