PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA TEMA 5 MATERI PECAHAN KELAS III SDN GEMPOLTUKMLOKO
DOI:
https://doi.org/10.35326/taksonomi.v3i1.3325Keywords:
Hasil Belajar, Materi Pecahan, Pendekatan CTLAbstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dampak penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Gempoltukmloko, Lamongan pada materi pecahan tema 5 muatan matematika. Penelitian ini merupakan bagian dari program PTK yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gempoltukmloko, Lamongan berjumlah 15 siswa dan metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Tes, wawancara, dan observasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan temuan penelitian, siswa kelas III SDN Gempoltukmloko di Lamongan dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik dengan menerapkan pendekatan CTL selama proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata prasiklus, siklus 1, dan siklus 2 untuk kelas klasikal yang meningkat masing-masing sebesar 61,3 (20%), 70,53 (60%), dan 80,53 (86,6%). Pendekatan CTL dapat berdampak pada hasil belajar siswa kelas III SDN Gempoltukmloko Lamongan terkait dengan materi pelajaran Matematika tema 5 materi pecahan, menurut temuan penelitian.