IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN CENDEKIA KOTA BAUBAU

Authors

  • Safaruddin Yahya Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2812

Keywords:

Implementasi, Nilai, Karakter, Religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana implementasi Karakter Religius di SD Islam Terpadu Insan Cendekia Kota Baubau. Dengan fokus  penelitian mencakup : (1) Bagaimana Implementasi Karakter Religius pada Sekolah Dasar (2) Nilai-Nilai Karakter apa saja yang ditanamkan kepada siswa di sekolah, (3) Bagaimana Implikasi terhadap penanaman Karakter Religius pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberi makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, dan dari pemaknaan data ini selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi karakter religius terhadap siswa dilakukan secara bertahap mulai dari memadukan nilai-nilai Islam dalam setiap pembelajaran, membiasakan siswa mengikuti kegiatan keagamaan, melakukan pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler. (2) nilai-nilai religius yang diimplementasikan kepada peserta didik di lingkungan sekolah diantaranya ialah nilai ketaatan menjalankan ibadah, menghormati guru, kejujuran, dan gemar berinfaq. (3) implikasi dari penanaman karakter religius berdampak pada pembentukan perilaku peserta didik yang tampak dalam kebiasaannya sehari-hari dalam hal berpikir secara positif, bertutur kata yang sopan serta bertindak sesuai dengan etika Islami

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Yahya, S. (2022). IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN CENDEKIA KOTA BAUBAU. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 136–143. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2812