KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Abdul Rahim Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2717

Keywords:

Kreativitas, Guru, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran

Abstract

Seorang guru dapat mendukung pembelajaran yang diajarkan, penguasaan materi dan penguasaan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran di SD Negeri 2 Palatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sifat deskriptif penelitian ini membuat kreativitas guru sangat terlihat. Pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara dan observasi, sedangkan analisis data meliputi klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada enam komponen kunci dalam pengembangan penelitian kualitatif ini yang berkaitan dengan kreativitas pengajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran di SD Negeri 2 Palatiga seperti Kreatifitas guru dalam memahami materi pelajaran dan menguasai materi atau sumber belajar, daya cipta guru dalam memahami materi pembelajaran yang akan diajarkan, selanjutnya kreativitas guru yang mengawal inisiatif pendidikan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kreativitas guru dalam mengelola pengaturan kelas, kreativitas guru dalam penggunaan berbagai metode pembelajaran, kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran, serta evaluasi guru dengan menggunakan tes lisan serta tes tertulis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Rahim, A. (2022). KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 77–82. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2717