HUBUNGAN KETERAMPILAN MENULIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Karim Karim Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Muslim Muslim

DOI:

https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2694

Keywords:

Keterampilan Menulis, Motivasi Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Esensi menulis, pada dasarnya meripakan kegiatan yang kreatif dan konstruktif. Keterampilan menulis siswa harus diimbangi dengan pengetahuan dan pengalaman dalam belajar, sehingga dapat tercipta motivasi dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan keterampilan menulis dengan motivasi belajar bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 92 Kendari. Penelitian ini memiliki desain deskriptif korelasional dan termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif. Seluruh siswa kelas IV SD Negeri 92 Kendari berjumlah 21 siswa merupakan populasi yang digunakan dalam penelitian ini. Purposive sampling digunakan dengan jumlah sampel yang signifikan sebanyak 21 siswa. Kuesioner digunakan sebagai alat studi untuk mengumpulkan data. Korelasi product moment adalah metode analisis data yang digunakan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang substansial antara kemampuan menulis dengan motivasi belajar bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 92 Kendari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan menulis adalah 72,38 dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,83.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Karim, K., & Muslim, M. (2022). HUBUNGAN KETERAMPILAN MENULIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 116–121. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2694