PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2653Keywords:
Peran Guru, Implementasi, Pendidikan Karakter, Peduli Sosial, SDAbstract
Penelitian ini untuk mengkaji peran guru di sekolah dasar dalam mengimplementasikan pendidikan karakter peduli sosial, baik melalui kegiatan ekstrakurikuler atau pembelajaran di kelas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metodologi studi kasus. Data penelitian dapat dengan mudah dibedakan dari analisis deskriptif berupa kata-kata lisan atau tertulis dari subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, melaksanakan rutinitas untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah, berolahraga di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Kedua, Langkah spontan, ketika mereka menemukan siswa kurang peduli dengan lingkungan, dengan cara menegur ditempat, ada juga guru yang menindak siswa di tempat kejadian. Ketiga, Terinternalisasi dalam perencanaan pembelajaran berupa penyusunan perangkat ajar seperti silabus, RPP, dan media pembelajaran. Keempat, Faktor hambatan yaitu faktor internal ini sangat mempengaruhi siswa itu sendiri dan faktor eksternal merupakan komponen yang mempengaruhi pendidikan karakter peduli sosial. Kelima, Implementasi pendidikan karakter peduli sosial yaitu dengan perilaku dan sikap keteladanan yang mengacu pada menunjukkan perbuatan baik.