PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA MASA COVID-19 DI KELURAHAN TAMPO KECAMATAN NAPABALANO KABUPATEN MUNA
DOI:
https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i1.2290Keywords:
Peran orangtua, motivasi belajar, anakAbstract
Masalah atau tujuan penelitian Untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan motivasi beljar anak di masa Covid-19 Kelurahan Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna dan Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di masa Covid-19 Kelurahan Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna .Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang berlokasikan di kelurahan Tampo kecamatan Napabalano Kabupaten Muna. Subyek penelitian yang digunakan adalah 5 orang tua yang memiliki anak yang menempuh Pendidikan Dasar dan anak itu sendiri. Teknik ang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data yang setelah di kumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi di ketahui bahwa peran yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak terbagi atas dua yaitu peran orang tua secara materil dan peran orang tua secara moril. Peran orang tua secara materil dapat dilakukan orang tua dengan memfasilitasi belajar anak, dan peran orang tua secara moril dapat dilakukan orang tua dengan memotivasi belajar anak seperti memberi pujian, perhatian, hadiah, perhatian, mengontrol waktu belajar anak dan hukuman. Adapun hambatan yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak adalah dari diri orang tua itu sendiri dan lingkungan bermain anak