PENGARUH AKTIVITAS BERMAIN GAME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • La Jusu
Keywords: Bermain Game; Motivasi Belajar; Playing games; Motivation to Learn

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan Peneliti tentang aktivitas bermain game siswa MTs Swasta Lapandewa. Aktivitas bermain game dimaksud mereka lakukan pada waktu luang diluar jam pembelajaran sekolah dengan menggunakan gadget (Hp) mereka. Berdasarkan pada hasil pengamatan tersebut, sehingga menimbulkan pertanyaan pada diri Peneliti bahwa “apakah aktivitas bermain game siswa tidak berpengaruh terhadap motivasi belajarnya. Berdasarkan pada hasil pengamatan tersebut sehingga menyebabkan Peneliti untuk mengangkat judul penlitian “Pengaruh Aktivitas Bermain Game terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Swasta Lapandewa Swasta Lapandewa Kabupaten Buton Selatan”. Subyek penelitian  adalah siswa Kelas VIII MTs Swasta Lapandewa Swasta Lapandewa Kabupaen Buton Selatan, yang berjumlah 24 orang dan seluruhnya dijadikan sebagai obyek penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh aktivitas bermain game terhadap motivasi belajar siswa Kelas VIII MTs Swasta Lapandewa Kabupaten Buton Selatan”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aktivitas bermain game siswa tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa Kelas VIII MTs Swasta Lapandewa Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan angket sebagai instrument penelitian. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah menggunakan rumus korelasi product moment untuk mengetahui pengaruh diantara dua variable penelitian yakni aktivitas bermain game dan motivasi belajar siswa. Setelah Peneliti melakukan analisa data, diperoleh hasil dengan nilai “r” sebesar 0,04. Nilai “r” sebesar 0,04 tersebut, jika diinterpretasi analisa data berdasarkan korelasi Product Moment (rxy), maka dapat diinterpretasikan bahwa variable X dan variable Y terdapat korelasi, namun korelasinya rendah sehingga diabaikan dan dianggap tidak ada korelasi antara variable X dan variabel Y. Berdasarkan hasil analisa tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa “Tidak ada pengaruh aktivitas bermain game terhadap motivasi belajar siswa Kelas VIII MTs Swasta Lapandewa Kabupaten Buton Selatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-30
How to Cite
Jusu, L. (2020). PENGARUH AKTIVITAS BERMAIN GAME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. SYATTAR, 1(1), 18-31. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/syattar/article/view/808
Section
Articles