STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA AL-MUTTHAHIRAH GALESONG SELATAN

Authors

  • Muhammad Armin Armin Sekolah Tinggi Agama Islam Yapis Takalar

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Strategi Pembelajaran

Abstract

Mengingat fakta bahwa pembelajaran anak berkebutuhan khusus memiliki tantangan yang berbeda, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengajar anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Al-Mutthahirah Galesong Selatan serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Strategi guru PAI dalam mengajar anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Al-Mutthahirah Galesong Selatan yaitu strategi ekspositori untuk semua jenis anak berkebutuhan khusus, hal ini merupakan sebuah tuntutan bagi guru agar lebih aktif daripada peserta didik, dengan menyederhanakan materi dan menghindari penyampaian yang bersifat abstrak agar mudah dipahami. Penyampaiannya bertahap dan dilakukan secara berulang-ulang. Strategi pembelajaran yang menyenangkan dengan bermain, bernyanyi dan bercerita juga digunakan. 2). Faktor pendukung yaitu: Kolaborasi antara guru dan orang tua peserta didik, sarana dan prasarana yang ada, kesabaran guru, perhatian dan dukungan dari orang tua dan keluarga peserta didik, dan keinginan serta semangat peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Sedangkan Faktor penghambatnya yaitu: kebutuhan khusus yang dimiliki peserta didik itu sendiri, belum ada guru khusus PAI dari Pendidikan Luar Biasa, sarana dan prasarana yang masih kurang, dan kendala dalam pembelajaran online

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-24

How to Cite

Armin, M. A. (2025). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA AL-MUTTHAHIRAH GALESONG SELATAN. SYATTAR, 5(2), 39–49. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/syattar/article/view/7283