PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SMP NEGERI 11 BAUBAU

Authors

  • Muhamad Ridwan
  • Basri Basri

Keywords:

Problematika, kendala dan implmentasi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dimasa pandemi covid 19 pada SMP Negeri 11 Baubau. Sasaran  dalam penelitian ini adalah tetang kendala yang dihadapi dalam pembelajaran dan implementasi pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi covid 19. Populasi penelitian ini adalah berjumlah 2 orang guru Pendidikan Agama Islam, sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan  observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik deskripsi kualitatif. Hasil penelitian bahwa proses pembeljaran  selama masa pandemik adalah pembelajaran jarak jauh atau online. Terdapat kendala  dalam proses belajar mengajar jarak jauh yaitu jaringan internet yang tidak memadai dan kurangnya siswa yang memiliki handphone android, ketidak mampuan membeli kuota paket internet, sehingga  perlunya Pihak sekolah memberikan kebijakan dengan membolehkan hadir ke sekolah tatap muka dengan jumlah yang terbatas, yaitu setiap kelas di bagi 2 kelompok  belajar, dengan jam belajar bergantian untuk mendapatkan tugas dari guru hal ini merupakan wujud dari implementasi pihak sekolah dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Ridwan, M., & Basri, B. (2023). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SMP NEGERI 11 BAUBAU. SYATTAR, 3(2), 95–104. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/syattar/article/view/3934