TEORI MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA DAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MASA AWAL DI ACEH (Lembaga Dan Tokohnya)

Authors

  • La Jusu

Keywords:

Teori Masuknya Islam di Nusantara, Perkembangan Pendidikan Islam, Masa Awal di Aceh

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi terkait teori masuknya Islam ke nusantara dan pertumbuhan pesantren, lembaga dan pemimpinnya, pada masa awal Aceh. Buku fisik dan elektronik, dan data yang diperoleh darinya, digunakan dalam metode pengumpulan informasi dan data. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa: 1) Meskipun masih ada pembahasan mengenai kemunculan awal Islam di Nusantara, namun ada lima hipotesis yang dapat digali terkait kemunculan Islam yang tidak terduga di Nusantara, yaitu: Hipotesis Gujarat/India, Mekkah /Hipotesis Arab, Hipotesis Persia, Hipotesis Cina, dan Hipotesis Turki; 2) Peningkatan pendidikan Islam di Aceh pada masa lalu sejalan dengan perkembangan Islam di Aceh yang diperkirakan telah ada sejak pertengahan abad VII Masehi. Ada 5 lembaga pendidikan Islam di Aceh, yaitu Meunasah, Rangkang, Dayah, Dayah Tengku Cik dan Jami'ah yang pada awal kemajuan yayasan pendidikan dimotori oleh para Ulama diantaranya Hamzah Fansuri, Nuruddin Ar-Raniri, Abdur Rauf al-Singkili, Syamsuddin As-Sumatrani dan lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Jusu, L. (2023). TEORI MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA DAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MASA AWAL DI ACEH (Lembaga Dan Tokohnya). SYATTAR, 3(2), 76–85. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/syattar/article/view/3862