PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19 SISWA SD NEGERI 1 LAPANDEWA KAINDEA KABUPATEN BUTON SELATAN

  • La Jusu Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Aktivitas, Mengajar Guru, Belajar Siswa

Abstract

Proses interaksi dalam pembelajaran menjadi terkendala akibat dari adanya pandemi Covid-19. Pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 pada SD Negeri 1 Lapandewa Kaindea, pada bulan Maret-Juli 2020 dilaksanakan tidak dengan tatap muka di kelas, melainkan siswa belajar secara mandiri di rumah. Pembelajaran dilakukan secara luring seperti guru memberi tugas, siswa belajar melalui buku paket dan siswa menyetor tugas yang diberikan oleh guru di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa SD Negeri 1 Lapandewa Kaindea, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Voluntary Sampling. Untuk memperoleh data, digunakan wawancara dan angket sedangkan dalam analisa data digunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 pada siswa SD Negeri 1 Lapandewa Kaindea Kabupaten Buton Selatan, yang berlangsung pada bulan Maret-Juni 2020 adalah tidak efektif, namun kriteria aktivitas mengajar guru “Sangat Tinggi” serta kriteria aktivitas belajar siswa adalah “Tinggi”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31
How to Cite
Jusu, L. (2021). PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19 SISWA SD NEGERI 1 LAPANDEWA KAINDEA KABUPATEN BUTON SELATAN. SYATTAR, 1(2), 94-103. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/syattar/article/view/1185
Section
Articles