OPTIMALISASI DAYA SAING USAHA MIEDES BU YANTI KABUPATEN BANTUL DI ERA KENORMALAN BARU

Authors

  • Zuhud Rozaki Prodi Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Gerry Adhinandra Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Dyah Eka Novitasari Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Nava Puspa Ningrum Prodi Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Anggi Angriani Prodi Hubungan Internasional, Fakultas ISIPOL, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Yuni Lestari Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Leonardo Akbar Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Devanto Riyadi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan Bahasa, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v7i2.823

Keywords:

kuliner lokal, instagram, kenormalan baru, UMKM

Abstract

Dampak pandemi terhadap dunia usaha, termasuk usaha kuliner, dirasahakan oleh banyak pihak. Masyarakat menahan diri untuk tidak keluar rumah, ini pengunjung usaha kuliner menjadi berkurang drastis. Miedes Bu Yanti di Kabupaten Bantul menjadi salah satu usaha kuliner yang terdampak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk hal manajemen keuangan dan promosi lewat media sosial pada masa kenormalan baru setelah terdampak pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah penyuluhan, pelatihan dan diseminasi teknologi kepada mitra. Hasil dari pengabdian ini adalah mitra mampu mengelola keuangannya dengan lebih baik, dan mampu mengoperasikan mesin kasir. Selain itu juga mampu membuat dan mempromosikan konten produk di media sosial khususnya Instagram. Dampak positif yang sudah nampak adalah follower yang meningkat drastis, hal ini bisa dimanfaatkan untuk media promosi dan membagi informasi penting lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-20