Sinergi Akademisi dan Masyarakat: Program Bantuan untuk Anak Yatim Piatu di Bulan Ramadhan

Authors

  • Astri Siti Fatimah STIA YPPT Priatim Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Ari Ramdani STIA YPPT Priatim Tasikmalaya
  • Nidia Rismania Dewi STIA YPPT Priatim Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Zidane Surya Palahan STIA YPPT Priatim Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Sahna Cahyadini STIA YPPT Priatim Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Sartika STIA YPPT Priatim Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Agy Fahmi STIA YPPT Priatim Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Rahmah Seftia Azzahra STIA YPPT Priatim Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v9i2.7714

Keywords:

Akademisi, Anak Yatim, Pengabdian Masyarakat, Ramadhan, Sinergi

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memperkuat sinergi akademisi dan masyarakat melalui program bantuan untuk anak yatim piatu pada bulan Ramadhan. Fokus kegiatan adalah pemberian santunan, sembako, uang jajan, serta pakaian layak pakai kepada anak yatim piatu di Panti Asuhan Az-Zahra, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Metode pelaksanaan mencakup empat tahap, yaitu perencanaan (survei kebutuhan dan pembentukan tim), persiapan (pengadaan dan pengemasan bantuan), pelaksanaan (penyerahan bantuan dan interaksi langsung), dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan respon positif dan antusiasme tinggi dari pengelola panti dan anak-anak yatim yang merasa sangat terbantu, khususnya pada bulan Ramadhan. Dari sisi akademik, kegiatan ini menjadi sarana implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus media pembelajaran praktis bagi mahasiswa dalam pengelolaan program sosial. Dari sisi sosial, kegiatan ini memperkuat solidaritas, mempererat hubungan antara sivitas akademika dan masyarakat, serta menghadirkan model kolaborasi yang dapat direplikasi di wilayah lain. Kegiatan ini menegaskan bahwa sinergi antara akademisi dan masyarakat berkontribusi nyata pada peningkatan kesejahteraan sosial sekaligus memperkuat peran perguruan tinggi sebagai agen pemberdayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. H. S., & Muslim, A. (2020). Nilai Ramadhan dan pendidikan kaum tertindas (mustadh’afin): Tinjauan atas ekonomi Islam. ’Adalah, 4(2). https://doi.org/10.15408/adalah.v4i2.15527

Anshary, F. M. Al, Fauzi, R., & ... (2023). Workshop pemrograman Scratch untuk yatim & piatu Yayasan Griya Sodaqo Indonesia. Prosiding PKMCSR. http://prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/article/view/1961

Beck, H. L. (2022). Ramadan. In Routledge handbook of Islamic ritual and practice (pp. 246–253). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003044659-21

Diskominfo Kota Tasikmalaya. (2021, April 28). Data panti sosial 2020. https://data.tasikmalayakota.go.id/home/dinas-sosial/data-panti-sosial-tahun-2020/

Eka, P. S. Y. (2022). Peran Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara dalam perlindungan dan pendampingan terhadap anak yatim piatu akibat Covid-19. Repository Raden Intan. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21253

Fatimah, S., & Nuraninda, F. (2021). Peranan orang tua dalam pembentukan karakter remaja generasi 4.0. Jurnal Basicedu, 5(5), 3705–3711. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1346

Ghofar, A., & Ismail, M. A. (2022). Pendampingan program santunan anak yatim di Ciawi Bogor. Talent, Practice, Experience & Training (TPET). https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/162

Hidayat, A., & Fauzi, F. (2022). Pendampingan residensial semi homeschooling pembelajaran daring anak yatim-piatu di era new normal. Jurnal Basicedu. https://www.neliti.com/publications/449876

Hidayat, A., & Suharto, A. (2022). Landasan filsafat pendirian dan pendidikan karakter kemandirian anak yatim di lembaga kesejahteraan sosial anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3979–3989. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2716

Kristian. (2023, January 18). 1.307 anak yatim di Kota Tasikmalaya dapat bantuan uang tunai untuk sekolah dari Kemensos. iNews Tasikmalaya. https://tasikmalaya.inews.id/read/241871

Mutamakin, M., Faishol, R., Jaya, R., & ... (2023). Pendampingan pengelolaan dana anak yatim di Masjid Al-Inayah. Abdi Kami: Jurnal Pengabdian. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/abdi_kami/article/view/2156

Nurfitri, A. (n.d.). Strategi CSR (corporate social responsibility) Rumah Yatim oleh PT Ghigha Kompania Serpong. Repository UIN Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57373

Pendim 0612/Tasikmalaya. (2024, March 31). Kodim 0612/Tasikmalaya bersama musisi dan para dermawan bagikan 224 parcel lebaran untuk anak yatim piatu. Ketik One. https://ketikone.com/2024/03/31/kodim-0612-tasikmalaya-bersama-musisi-dan-para-dermawan-bagikan-224-parcel-lebaran-untuk-anak-yatim-piatu/

Priyadi, W. J., Syaiful, S., Aminda, R. S., & Aminda, A. (2025). Pendampingan dan edukasi anak yatim dalam menghadapi pandemi di Desa Sukaharja. Sinkron. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/jpmuj/article/view/2332

Retnaningsih, H. (2021). Urgensi perlindungan sosial dalam upaya pemenuhan hak-hak anak yatim piatu korban pandemi Covid-19. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(2). https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2494

Rohmah, U. (2023). Bimbingan kelompok berorientasi rekreatif (BKBR): Model alternatif untuk melatih kecerdasan emosional anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3147–3158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4459

Saputra, R. A., Firdaus, A., Azhar, M., & ... (2024). Pendampingan pelaksanaan santunan anak yatim-piatu pada peringatan 10 Muharram di Kelurahan Kumai Hilir. Ardhi: Jurnal Pengabdian. https://journal.aripafi.or.id/index.php/ardhi/article/view/781

Savitri, A. A., & Yuniningsih, Y. (2023). Optimalisasi program CSR PT Petrokimia Gresik pada penyaluran bantuan masjid, musala, pondok pesantren, dan panti asuhan untuk pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi. https://ftuncen.com/index.php/jpmsaintek/article/view/120

Suhendi, A., Rahmawati, Z., & Rachma, F. (2023). Membentuk karakter peserta didik SDN Palasari 01 melalui peringatan Hari Anak Nasional. Kanigara, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.36456/kanigara.v3i1.6695

Wahyuni, I. (2022). Pembinaan toleransi dan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembentukan karakter islami anak usia dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1114

Downloads

Published

2025-08-27