Sinergi Akademisi dan Masyarakat: Program Bantuan untuk Anak Yatim Piatu di Bulan Ramadhan
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v9i2.7714Keywords:
Akademisi, Anak Yatim, Pengabdian Masyarakat, Ramadhan, SinergiAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memperkuat sinergi akademisi dan masyarakat melalui program bantuan untuk anak yatim piatu pada bulan Ramadhan. Fokus kegiatan adalah pemberian santunan, sembako, uang jajan, serta pakaian layak pakai kepada anak yatim piatu di Panti Asuhan Az-Zahra, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Metode pelaksanaan mencakup empat tahap, yaitu perencanaan (survei kebutuhan dan pembentukan tim), persiapan (pengadaan dan pengemasan bantuan), pelaksanaan (penyerahan bantuan dan interaksi langsung), dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan respon positif dan antusiasme tinggi dari pengelola panti dan anak-anak yatim yang merasa sangat terbantu, khususnya pada bulan Ramadhan. Dari sisi akademik, kegiatan ini menjadi sarana implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus media pembelajaran praktis bagi mahasiswa dalam pengelolaan program sosial. Dari sisi sosial, kegiatan ini memperkuat solidaritas, mempererat hubungan antara sivitas akademika dan masyarakat, serta menghadirkan model kolaborasi yang dapat direplikasi di wilayah lain. Kegiatan ini menegaskan bahwa sinergi antara akademisi dan masyarakat berkontribusi nyata pada peningkatan kesejahteraan sosial sekaligus memperkuat peran perguruan tinggi sebagai agen pemberdayaan.
Downloads
References
Aji, R. H. S., & Muslim, A. (2020). Nilai Ramadhan dan pendidikan kaum tertindas (mustadh’afin): Tinjauan atas ekonomi Islam. ’Adalah, 4(2). https://doi.org/10.15408/adalah.v4i2.15527
Anshary, F. M. Al, Fauzi, R., & ... (2023). Workshop pemrograman Scratch untuk yatim & piatu Yayasan Griya Sodaqo Indonesia. Prosiding PKMCSR. http://prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/article/view/1961
Beck, H. L. (2022). Ramadan. In Routledge handbook of Islamic ritual and practice (pp. 246–253). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003044659-21
Diskominfo Kota Tasikmalaya. (2021, April 28). Data panti sosial 2020. https://data.tasikmalayakota.go.id/home/dinas-sosial/data-panti-sosial-tahun-2020/
Eka, P. S. Y. (2022). Peran Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara dalam perlindungan dan pendampingan terhadap anak yatim piatu akibat Covid-19. Repository Raden Intan. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21253
Fatimah, S., & Nuraninda, F. (2021). Peranan orang tua dalam pembentukan karakter remaja generasi 4.0. Jurnal Basicedu, 5(5), 3705–3711. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1346
Ghofar, A., & Ismail, M. A. (2022). Pendampingan program santunan anak yatim di Ciawi Bogor. Talent, Practice, Experience & Training (TPET). https://journal.stiegici.ac.id/index.php/tpet/article/view/162
Hidayat, A., & Fauzi, F. (2022). Pendampingan residensial semi homeschooling pembelajaran daring anak yatim-piatu di era new normal. Jurnal Basicedu. https://www.neliti.com/publications/449876
Hidayat, A., & Suharto, A. (2022). Landasan filsafat pendirian dan pendidikan karakter kemandirian anak yatim di lembaga kesejahteraan sosial anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3979–3989. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2716
Kristian. (2023, January 18). 1.307 anak yatim di Kota Tasikmalaya dapat bantuan uang tunai untuk sekolah dari Kemensos. iNews Tasikmalaya. https://tasikmalaya.inews.id/read/241871
Mutamakin, M., Faishol, R., Jaya, R., & ... (2023). Pendampingan pengelolaan dana anak yatim di Masjid Al-Inayah. Abdi Kami: Jurnal Pengabdian. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/abdi_kami/article/view/2156
Nurfitri, A. (n.d.). Strategi CSR (corporate social responsibility) Rumah Yatim oleh PT Ghigha Kompania Serpong. Repository UIN Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57373
Pendim 0612/Tasikmalaya. (2024, March 31). Kodim 0612/Tasikmalaya bersama musisi dan para dermawan bagikan 224 parcel lebaran untuk anak yatim piatu. Ketik One. https://ketikone.com/2024/03/31/kodim-0612-tasikmalaya-bersama-musisi-dan-para-dermawan-bagikan-224-parcel-lebaran-untuk-anak-yatim-piatu/
Priyadi, W. J., Syaiful, S., Aminda, R. S., & Aminda, A. (2025). Pendampingan dan edukasi anak yatim dalam menghadapi pandemi di Desa Sukaharja. Sinkron. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/jpmuj/article/view/2332
Retnaningsih, H. (2021). Urgensi perlindungan sosial dalam upaya pemenuhan hak-hak anak yatim piatu korban pandemi Covid-19. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(2). https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2494
Rohmah, U. (2023). Bimbingan kelompok berorientasi rekreatif (BKBR): Model alternatif untuk melatih kecerdasan emosional anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3147–3158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4459
Saputra, R. A., Firdaus, A., Azhar, M., & ... (2024). Pendampingan pelaksanaan santunan anak yatim-piatu pada peringatan 10 Muharram di Kelurahan Kumai Hilir. Ardhi: Jurnal Pengabdian. https://journal.aripafi.or.id/index.php/ardhi/article/view/781
Savitri, A. A., & Yuniningsih, Y. (2023). Optimalisasi program CSR PT Petrokimia Gresik pada penyaluran bantuan masjid, musala, pondok pesantren, dan panti asuhan untuk pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi. https://ftuncen.com/index.php/jpmsaintek/article/view/120
Suhendi, A., Rahmawati, Z., & Rachma, F. (2023). Membentuk karakter peserta didik SDN Palasari 01 melalui peringatan Hari Anak Nasional. Kanigara, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.36456/kanigara.v3i1.6695
Wahyuni, I. (2022). Pembinaan toleransi dan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembentukan karakter islami anak usia dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1114
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.