Budidaya Apotek Hidup dan Edukasi Manfaat Tanaman Obat bagi Siswa SDN Palatiga Kota Baubau

Authors

  • Nur Jannah Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
  • Natasya Qhairunnisa Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
  • Wa Nisa Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
  • Lena Aristian Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
  • Hasrat Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
  • Alman Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v9i2.7390

Keywords:

Apotek hidup, Participatory Action Research (PAR), Siswa SD, Tanaman Obat

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SDN Palatiga Kota Baubau terhadap tanaman obat melalui budidaya apotek hidup dan edukasi manfaatnya. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan siswa, guru, dan tim pelaksana dalam lima tahapan kegiatan: identifikasi masalah, perencanaan kolaboratif, pelaksanaan aksi, monitoring dan evaluasi, serta refleksi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa yang sebelumnya hanya mengenal tanaman obat secara visual mengalami peningkatan pemahaman baik secara konseptual maupun praktik. Siswa dapat menanam, merawat, dan menjelaskan manfaat dari tanaman obat seperti jahe, kunyit, sereh, kemangi, dan lidah buaya. Selain itu, keterampilan praktis dan rasa tanggung jawab siswa terhadap lingkungan sekolah juga meningkat. Program ini tidak hanya berdampak pada siswa, tetapi juga meningkatkan kemampuan guru dalam mengintegrasikan materi tanaman obat ke dalam pembelajaran. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa metode PAR efektif diterapkan dalam program sekolah sehat dan dapat menjadi model pengembangan program apotek hidup berkelanjutan di sekolah lainnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, M. B. S., Safrina, D., & Wahyono, S. (2022). Determinants of the lack of interest in cultivating medicinal plants in Wonogiri, Central Java. Jurnal Tumbuhan Obat Indonesia, 15(2), 118–125. https://doi.org/10.22435/jtoi.v15i2.6210

Amiri, A., Geravandi, S., & Rostami, F. (2021). Potential effects of school garden on students’ knowledge, attitude and experience: a pilot project on sixth grade students in Iran. Urban Forestry & Urban Greening, 62. https://doi.org/10.1016/j.ufug.2021.127174

Ariani, L., Miftahurrohmah, N., & Winarti, W. (2020). Peningkatan pengetahuan tentang tanaman obat keluarga kepada siswa sekolah dasar melalui konseling, flash card, dan berkebun bersama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 6(1), 63–67. https://doi.org/10.22146/jpkm.52576

Armadani, F. I., Fitrawan, L. O. M., & Andriani, R. (2023). Upaya peningkatan pemahaman obat pada siswa sekolah dasar melalui program apoteker cilik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4143–4152. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.16670

Atika, N., Hayati, M. N., Widiyanto, B., & ... (2023). Pembudidayaan tanaman obat keluarga (TOGA) dalam program kampus mengajar batch V. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(3), 120–132. https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v1i3.319

Dewi, N. R., Putri, D. A., Lismalinda, D., Aulia, H., Arini, H. N., Kurniawan, M., Hamim, M. H., & Sari, S. (2024). Sosialisasi pemanfaatan apotek hidup kepada siswa SDN Legundi Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Masyarakat Merdeka, 7(2), 108–113. https://doi.org/10.51213/jmm.v7i2.161

Hartini, Y. S., Wulandari, E. T., Dwiatmaka, Y., & Dyah, O. S. (2024). Edukasi pengenalan, pemanfaatan dan pengelolaan tanaman obat pada siswa kelas VI Sekolah Dasar. Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 6–10. https://doi.org/10.24167/patria.v6i1.10570

Lanouette, K., Van Wart, S., & Parikh, T. S. (2024). Participatory digital mapping, dynamic data, and children’s emergent science argumentation about local socio-ecological systems. Journal of Science Education and Technology, 34(2), 215–235. https://doi.org/10.1007/s10956-024-10152-6

Nurhardini, R., Ni, C., Nursikin, M., Thowaf, S., & Aditya, R. (2024). Penanaman apotek hidup: menggali potensi tanaman obat dengan pendekatan islami yang moderat untuk kesejahteraan masyarakat. Tintamas: Jurnal Pengabdian Indonesia Emas, 1(2), 112–120. https://doi.org/10.53088/tintamas.v1i2.1029

Octavia, A., Kasrina, K., & Ansori, I. (2019). Pengembangan LKPD berdasarkan eksplorasi tanaman obat di Suku Pekal. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 185–194. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.185-194

Pollin, S., & Retzlaff-Fürst, C. (2021). The school garden: a social and emotional place. Frontiers in Psychology, 12, 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.567720

Prasad Acharya, K. (2018). Inquiry-based science learning through school gardening activities: wonderful experience through participatory action research. International Journal of Elementary Education, 7(3), 40–45. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20180703.11

Putri, D. A., Solihah, R., & Mawli, R. E. (2022). Increasing students’ interest and knowledge about herbs in elementary school. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7(4), 759–767. https://doi.org/10.26905/abdimas.v7i4.8193

Saija, L., & Pappalardo, G. (2018). An argument for action research-inspired participatory mapping. SageJournals, 42(3). https://doi.org/10.1177/0739456X18817090

Semathong, S. (2023). Participatory action research to develop the teachers on classroom action research. Shanlax International Journal of Education, 11(3), 29–36. https://doi.org/10.34293/education.v11i3.6118

Setiawati, V., Selviani, A., & Feriady, A. (2024). Edukasi “TOLUNTUNI” (tanaman obat keluarga untuk usia dini) SDN 130 Rejang Lebong. Setawar Abdimas, 4(1), 28–33. https://doi.org/10.36085/sa.v4i1.7069

Susilo, R., Kunaedi, A., Ahidin, D., Bachtiar, A., Widodo, A. S., Johan, J., Kusnendar, M., Suwarno, S., Miftahuddin, M. A., Amirullah, G., Rahanyamtel, A. A., Pariska, D., Amna, H. N., Azhar, H. T., Komalasari, L., Fanillah, M. F., Kinanti, N. R. R., Jayanti, P. D., Ramadhan, R. F., … Prihadmoko, U. N. (2023). Development of a family medicinal plant garden for Gunungmanik primary school students. Community Empowerment, 8(9), 1434–1440. https://doi.org/10.31603/ce.10323

Tapa, I. G. F. S., & Astrawan, I. K. A. B. (2025). Optimalisasi lahan sekolah untuk budidaya penanaman TOGA dalam mendukung kesehatan lingkungan. Community Development Journal, 6(2), 1859–1864. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i2.43110

Wati, R. F., Putri, E., Chasanah, N. R., Wicaksono, H., & Luthfi, A. (2021). Learning and doing participatory rural appraisal during the Covid-19 pandemic in empowering communities. ICoSPOLHUM 2020, 495, 284–288. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210125.047

Widat, F., Widiyawati, W., Agustin, S. M., Rosi, S., & Nisa, L. (2023). Enhancing student skills through family medicinal plants: a community service initiative. Communautaire: Journal of Community Service, 2(2), 81–89. https://doi.org/10.61987/communautaire.v2i2.292

Widayati, A., Winanta, A., Widada, H., & Pratiwi, N. H. (2024). Initiating a sustainable community-based agritourism model of herbal garden in a rural area of Indonesia: perspectives from community members. Cogent Social Sciences, 10(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2024.2347049

Wilhelm, A. K., Schwedhelm, M., Bigelow, M., Bates, N., Hang, M., Ortega, L., Pergament, S., & Allen, M. L. (2021). Evaluation of a school-based participatory intervention to improve school environments using the consolidated framework for implementation research. BMC Public Health, 21(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12889-021-11644-5

Wood, L., & McAteer, M. (2021). The affordances of PAR for a school-community partnership to enhance learner support in socio-economically challenged communities. SageJournals, 21(1). https://doi.org/10.1177/14767503211023133

Zukmadini, A. Y., Jumiarni, D., & Kasrina, K. (2018). Developing antimicrobial medicinal plants pocketbook based on local wisdom of Muko-Muko and Serawai Ethnics. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 95–104. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5436

Zulyetti, D. (2019). Studi pengetahuan siswa terhadap jenis, khasiat dan cara pemanfaatan tanaman obat yang terdapat di lingkungan sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 122–132. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.952

Downloads

Published

2025-08-20