Peningkatan Pendapatan Warga dengan Optimalisasi Pemasaran Digital untuk Produk Lilin Aromaterapi
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v9i1.7314Keywords:
E-commerce, Lilin Aromaterapi, Minyak Jelantah, Pemberdayaan Masyarakat, Pemasaran DigitalAbstract
Pengembangan ekonomi desa melalui produk kreatif berbasis limbah merupakan solusi berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemasaran digital produk lilin aromaterapi yang terbuat dari minyak jelantah di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Kegiatan ini melibatkan sekitar 30 peserta, warga Desa Sukalaksana, dengan durasi pelatihan selama 1 hari dan observasi sebelumnya selama kurang lebih 1 minggu. Metode yang diterapkan meliputi pelatihan pembuatan konten digital, manajemen toko online di platform e-commerce, dan strategi pemasaran melalui media sosial. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan peserta dalam pemasaran produk digital, yang tercermin dari kemampuan mereka dalam mengelola akun toko online, membuat konten yang menarik, dan memahami strategi promosi dasar. Kegiatan ini mendorong munculnya inisiatif bisnis baru dan potensi peningkatan pendapatan masyarakat. Rekomendasi selanjutnya termasuk pendampingan berkelanjutan dan kolaborasi dengan lembaga lokal untuk memperkuat keberlanjutan bisnis.
Downloads
References
Angreni, D. K. D., & Asmorowati, S. (2021). Keberhasilan pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam ekspor kerajinan sangkar burung. Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian dan Pengembangan, 4(2), 102–109. https://doi.org/10.32630/sukowati.v4i2.211
Fajrian, F., Zamzani, M. I., & Afrizal, F. (2023). Analisis strategi pengembangan industri kreatif digital di Kota Balikpapan. Jurnal Surya Teknika, 10(1), 584–589. https://doi.org/10.37859/jst.v10i1.4768
Haro, A., Waspodo, A., & Lestari, F. (2020). Marketing strategy of local products through social media in Segara Jaya Village. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 4(2), 161–170. https://doi.org/10.21009/jpmm.004.2.01
Izzalqurny, T. R., Muḥammad, M., Utomo, M. A. P., & Ferdiansyah, R. A. (2024). Tambakasri BUMDes branding assistance in increasing organizational value. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 264–274. https://doi.org/10.32815/jpm.v5i1.2032
Jones, N. B., Borgman, R. H., & Ulusoy, E. (2015). Impact of social media on small businesses. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 611–632. https://doi.org/10.1108/jsbed-09-2013-0133
Langan, R., Cowley, S. W., & Nguyen, C. A. (2019). The state of digital marketing in academia: An examination of marketing curriculum’s response to digital disruption. Journal of Marketing Education, 41(1), 32–46. https://doi.org/10.1177/0273475318823849
Lubis, R. L., & Ghina, A. (2023). Upcycling kriya “Chilaz Craft" untuk SDG target 11.6 pengelolaan sampah di Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1–8. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v6i0.2177
Mawar, M., Rahman, A., Purbaningrum, D. G., & Ramadhan, G. (2022). Pemberdayaan usaha mikro kecil menengah yang terkena dampak pandemi COVID-19 berbasis modal sosial di Kelurahan Pondok Pucung Kota Tangerang Selatan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 691. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.5320
Susilo, B. H. (2018). Pemasaran digital: Segmentasi demografi pengguna media sosial di Kota Pontianak. Eksplora Informatika, 8(1), 69. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i1.163
Taufik, T., Setiawan, P., Fitrian, Y., Hendrawan, E., Sucipto, S., & Andriyadi, A. (2023). Penyuluhan pemanfaatan sosial media untuk pemasaran produk UMKM di masa era digitalisasi. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 523–528. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i3.6269
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.