PELATIHAN LAYANAN PERPUSTAKAAN TINGKAT SMK SE- KOTA BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v3i2.446Keywords:
Perpustakaan, Layanan dan SekolahAbstract
Perpustakaan merupakan bagian dari sarana sekolah yang harus dikelola dengan baik guna memberikan layanan yang optimal. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa terhadap sistem pengelolaan perpustakaan. Pelatihan ini menggambarkan program peningkatan fisik di perpustakaan sekolah melalui proses partisipatif yang melibatkan siswa dalam merancang dan merenovasi ruang. Peningkatan ruang perpustakaan telah memberikan kontribusi positif dalam mempromosikan penggunaan aktif ruang perpustakaan sekolah. Keterlibatan siswa dalam proses juga mempromosikan sikap positif dan rasa memiliki mereka terhadap ruang. Membangun komitmen seluruh komunitas sekolah menjadi tantangan selama proses dan selanjutnya. Mempromosikan peran aktif siswa dalam pengembangan, pengelolaan dan pemeliharaan ruang menjadi penting untuk memastikan keberlanjutan setelah program. Karena hal itu dapat menambah minat kunjungan dan baca para siswa. Sehingga yang menjadi target dalam pencapaian adalah adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan pustakawan dalam mengelola perpustakaan sekolah dengan baik sehingga perpustakaan menjadi sarana penunjang pembelajaran siswa secara maksimal. Hasil temuan dalam kegiatan ini adalah para peserta merespon baik. Siswa mendapatkan banyak pengetahuan yang tidak diketahui sebelumnya tentang pengelolaan perpustakaan dan termotivasi untuk mengembangkan perpustakaan di sekolahnya.