PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN UMKM MELALUI PEMASARAN DIGITAL PADA SAUNG GALLERY JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v7i2.3683Keywords:
Pemasaran Digital; Pendampingan; UMKMAbstract
Salah satu usaha ekonomi produktif yang dapat menghasilkan nilai tambah dan nilai ekonomis adalah UMKM. Peran UMKM memiliki efek positif yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Pertumbuhan UMKM yang cukup signifikan memunculkan persaingan yang sangat ketat. Untuk itu, perlu adanya komitmen pada setiap pelaku usaha dalam meningkatkan strategi yang tepat untuk bertahan di pasar. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk mendampingi UMKM dalam meningkatkan strategi pemasaran digital guna meningkatkan penjualan produk mapun jasa pada UMKM Saung Gallery. Berdasarkan observasi diketahui bahwa UMKM mengalami kesulitan di dalam memasarkan produknya. Hasil dari pendampingan UMKM Saung Gallery yaitu pembuatan akun Instagram sebagai sarana untuk mempromosikan produk secara lebih luas, pemberian logo UMKM agar produknya di kenal luas oleh masyarakat, serta pembuatan perizinan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai tanda pengenal resmi dari usaha yang sedang dijalankan. Pasca dilakukan pendampingan UMKM Saung Gallery diharapkan dapat meningkatkan penjualannya.