PELATIHAN PEMANFAATAN RUBRIK ASESMEN DIRI OTOMATIS UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Putri Kamalia Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Maya Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v7i1.2752

Keywords:

Asesmen Diri; Asesmen Otentik; Rubrik Asesmen

Abstract

Menghasilkan pemelajar yang selalu berpikir kritis dimana dalam pengembangan diri mereka nanti, mereka mampu mengevaluasi dan menganalisis berbagai informasi sesuai dengan bidang keahlian yang mereka pilih tidak lepas dari kehadiran inovasi dalam sistem pendidikan. Pembelajar terus berinovasi menciptakan cara untuk membantu pemelajar mengembangkan diri sebagai pemecah masalah, pengambil keputusan mandiri, dan pemelajar sepanjang hayat. Pemanfaatan rubrik asesmen diri otomatis adalah kesempatan bagi para pembelajar untuk mengambil keuntungan dari kemajuan teknologi untuk mengatasi berbagai keterbatasan yang selama ini dialami, khususnya di bidang penilaian pembelajaran. Pelatihan pada kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penyegaran kepada para pembelajar terkait pentingnya menggunakan asesmen otentik berbasis teknologi serta solusi praktis bagaimana menggunakan rubrik asesmen diri otomatis agar dapat membantu mengurangi beban kerja para pembelajar bahasa Inggris. Perbandingan hasil pre-test survey dan post-test survey pada peserta pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan pada responden terkait pentingnya pembaharuan asesmen pembelajaran untuk pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dari kegiatan pelatihan ini, para peserta diharapkan memiliki kesadaran akan pentingnya pembaharuan asesmen terutama yang berdampak langsung pada kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-12