PENERAPAN BELAJAR EFEKTIF DALAM PENDEKATAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR PADA KEGIATAN PPL DI SMP NEGERI 3 BATAUGA
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v5i2.1765Keywords:
Bidang Belajar, Bimbingan Kelompok, Perilaku MalasAbstract
Malas adalah perilaku yang hampir semua orang miliki. Rasa malas juga sangat banyak ditemui kalangan para siswa. Sebagai penerus bangsa, para siswa seharusnya lebih giat lagi mencari ilmu, tidak hanya di sekolah, ilmu bisa dicari mana saja dan kapan saja. Siswa seharusnya mau menghilangkan kebiasaan malasnya. Karena kemalasan dapat menyebabkan kerugian. Misalnya jika seorang siswa malas belajar, maka tidak akan ada ilmu yang di dapatkan. Sebaliknya, jika siswa tekun dalam belajar dan mampu menghilangkan kemalasannya, maka siswa tersebut akan memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas. Adapun objek masalahnya yaitu Peserta didik kurang antusias dalam proses pembelajaran, Peserta didik tidak mengerjakan tugas dan mencatat, Peserta didik mengantuk dan Peserta didik sering izin keluar selama proses pembelajaran berlangsung. Metode pelaksanaan trentment yaitu dengan bimbingan kelompok dilakukan 3 tahapan: (1) Diawali dengan perkenalan dan pembawaan materi dengan tema “Belajar” memperkenalkan konsep belajar yang efektif untuk menumbuhkan minat belajar siswa. (2) Dilaksanakan dengan langsung menjelaskan materi dengan tema “Motivasi Belajar” mengajarkan siswa agar belajar dengan giat untuk masa depan yang lebih cerah. (3) Dilaksanakan yang terakhir memjelaskan materi dengan tema “Mengapa kita harus sekolah?” memberikan informasi kepada siswa “alasan kenapa harus belajar dan sekolah serta mengapa penempuh Pendidikan itu penting?”Maka hasil yang didapatkan dalam proses bimbingan kelompok dapat menumbuhkan semangat belajar yang efektif dan mau terlibat atau berpartisipasi pada proses belajar di kelas.