PELATIHAN PENGEMBANGAN DIGITAL ASSESSMENT BAGI GURU-GURU DI MTs MUHAMMADIYAH MANDALLE KECAMATAN BAJENG BARAT KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v5i2.1664Keywords:
Aplikasi Web, Digital Assessment, Literasi Digital, Tes OnlineAbstract
Bentuk digital assessment memiliki banyak keunggulan yang dapat dimanfaatkan baik di kelas dengan mode sinkron maupun asinkron demi membantu pelaksanaan asesmen yang lebih akurat dan efisien. Sayangnya, masih banyak guru yang belum mengimplementasikan sistem penilaian ini dalam proses pengajarannya, termasuk guru-guru di MTs Muhammadiyah Mandalle. Kegiatan pengabdian ini difokuskan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam membuat digital assessment berbasis 3 webtools, yakni Kahoot, Quizizz, dan Quizlet. Metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada 16 guru berbagai mata pelajaran di MTs Muhammadiyah Mandalle dengan sistem luring. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa setelah mengikuti kegiatan pelatihan selama dua hari, 80% guru telah mampu mengembangkan asesmen sesuai mata pelajaran masing-masing dan telah mampu mengaplikasikannya. Hal ini terlihat dari hasil kerja para guru yang ditunjukkan pada akun yang telah dibuat pada masing-masing aplikasi, serta simulasi yang dilakukan pada hari kedua. Kegiatan ini diharapkan mampu membantu para guru dalam menjawab tantangan pengintegrasian teknologi ke dalam aspek-aspek pengajaran yang secara tidak langsung akan meningkatkan kompetensi mengajar guru.