PEMANFAATAN BIG DATA DAN CONTENT MARKETING DALAM MENARIK MINAT PENGUNJUNG WISATA PANTAI DI DESA TOLUTU, KECAMATAN TOMINI, BOLAANG MONGONDOW SELATAN

Authors

  • Sudarsono . Universitas Bina Mandiri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v5i2.1519

Keywords:

Big Data, Content Marketing, Minat Pengunjung

Abstract

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah saat ini sangat dirasakan dampaknya oleh sejumlah pengelola tempat wisata di Desa Tolutu, Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. Masyarakat mengalami kesulitan dalam menarik minat pengunjung di daerah wisata tersebut. Meskipun saat ini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan berada pada PPKM Level 3 namun minat masyarakat untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Desa Tolutu masih rendah.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Tolutu, Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, khususnya pada masyarakat pengelola daerah wisata yang terdampak PPKM akibat dari menyebarnya penularan Covid-19 di Sulawesi Utara. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan dalam bentuk pendampingan dan pelatihan dalam pemanfaatan big data dan content marketing dalam menarik minat pengunjung untuk berwisata di Desa Tolutu, Kecamatan Tomini. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua bulan kepada pengelola daerah wisata di Desa Tolutu. Pada bulan pertama, masyarakat diberikan pengetahuan, pelatihan dan keterampilan terkait pemanfaatan big data dan content marketing melalui berbagai platform media sosial yang digunakan oleh masyarakat. Selanjutnya, pada bulan kedua, masyarakat diberikan pendampingan dan edukasi keberlanjutan agar masyarakat mampu menciptakan konten kreatif yang dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung di Desa Wisata Tolutu, Kecamatan Tomini.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-31