UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN PEMASARAN PADA UMKM IKAN SALAI H. HAWARI

  • Annie Mustika Putri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Windy Lestari; Siti Nuriana Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rayusman Abdullah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sri Mulyani Fahrin Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rismadani Haryanti Universitas Muhammadiyah Riau
  • Windy Rizky Kurnia Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Budidaya Lele; Observasi; Pemasaran; Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas Usaha Mikro, Kecil dan
Menengah (UMKM) Ikan Salai H. Hawari untuk dapat membuat kemasan yang menarik dan
telah memiliki logo dan stiker sehingga UMKM Ikan Salai H. Hawari mampu memperluas
area pemasaran melalui media online. Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu menurunnya
tingkat produktivitas penjualan ikan salai, berkurangnya jaringan pemasaran akibat
pandemik, dan kurangnya inovasi produk. UMKM Ikan Salai H. Hawari sebelum masa
pandemi memproduksi 3 jenis ikan salai, yaitu ikan salai lele, ikan salai patin dan ikan salai
bawung. Akan tetapi masa pandemik ini memberikan dampak yang buruk pada UMKM
dengan menurunnya omset penjualan yang drastis segingga mengharuskan Bapak Hawari
hanya memproduksi satu jenis pengolahan ikan salai saja, yaitu ikan salai lele. Selain
membantu UMKM ikan salai, kami pengabdi juga membantu warga sekitar untuk
mengembangkankan perekonomian msayarakat dengan cara memberikan program budidaya
lele dan kangkung dalam ember. Hasil dari obeservasi yang telah didiskusikan maka
dilaksanakan program kerja meliputi observasi lapangan untuk mengetahui kebutuhan mitra
UMKM Ikan Salai, desain logo dan stiker kemasan Ikan Salai. Logo dan stiker di desain
dengan semenarik mungkin untuk meningkatkan daya saing produk dan juga dilakukan
pemasaran melalui media online.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-30