PENERAPAN APLIKASI EDMODO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA DAN GURU DI SMP NEGERI 27 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v5i2.1475Keywords:
Aplikasi Edmodo, Bahasa Inggris, Materi PembelajaranAbstract
Pada masa pandemi Covid-19, pemanfaatan aplikasi pembelajaran amatlah penting dan tepat digunakan agar proses pembelajaran dapat terus terselenggara dengan baik. PKM ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memanfaatkan aplikasi Edmodo dalam pembelajaran bahasa Inggris yakni untuk membantu guru bahasa Inggris di SMP Negeri 27 Makassar dalam mempersiapkan pembelajarannya dengan menggunakan aplikasi Edmodo, serta memperkenalkan dan melatih siswa SMP Negeri 27 Makassar dalam belajar bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi Edmodo. Hasilnya terlihat bahwa guru mampu membuat dan mempersiapkan materi pembelajarannya dengan menggunakan Edmodo, dan siswa lebih tertarik dan termotivasi belajar bahasa Inggris dari rumah dengan menggunakan Edmodo. Hal itu diketahui dengan melihat materi pembelajaran beserta segala aktivitas pembelajaran dapat di buat dan disiapkan oleh guru dengan menggunakan aplikasi Edmodo sementara itu, antusiasme siswa dalam belajar juga terlihat tinggi dengan tingkat partisipatif mereka dalam belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diselesaikan dengan baik.