PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MASYARAKAT DESA KALISARI, KECAMATAN TEMPURAN, PADA MASA COVID-19 MELALUI PEMBELAJARAN MANDIRI DAN PENDIRIAN PERPUSTAKAAN DESA
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v7i1.1467Keywords:
perpustakaan desa, pembelajaran mandiri, pendidikanAbstract
Pengabdian ini bertujuan (1) memberikan solusi atas permasalahan dalam hal pendidikan yang mana terkena dampak akibat pandemi ini, (2) dapat menyadarkan masyrakat akan pentingnya pendidikan (3) meningkatkan semangat belajar terutama anak-anak yang ada di desa (4) membantu memberikan fasilitas belajar terutama tempat membaca yang nyaman (5) memberikan solusi belajar mandiri yang tentunya efektif dirumah saat masa pandemi ini. Peserta dari kegiatan ini adalah warga atau masyarakat Desa Kalisari, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan menyesuaikan kondisi new normal di masa pandemik Covid 19 yaitu sosialisasi dan pelaksanaan door to door kepada warga desa kalisari. Hasil kegiatan ini adalah adanya peningkatan minat belajar dari masyarakat terutama anak-anak, dapat belajar dengan lebih efektif dimasa pandemi ini, dan juga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya sebuah pendidikan.