EFEKTIFITAS MEMBANGUN PRODUCT BRANDING KOPILUNG SEBAGAI KOPI KHAS DESA MELUNG

Authors

  • Siti Barokah, Sahira Dhiyaulhaq, Gilang Priambodo Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v5i2.1451

Keywords:

Loyalitas, Product Branding, Persaingan Bisnis, UMKM

Abstract

Persaingan bisnis menjadi salah satu risiko besar yang harus dihadapi oleh para pelaku bisnis khususnya pelaku UMKM Desa Melung. Saat ini, minat untuk menjalankan bisnis sangat besar sehingga banyak sekali pelaku bisnis yang menjalankan bisnis dibidang yang sama. Dalam hal berbisnis, para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen agar konsumen bersedia membeli produk yang dipasarkan dan tidak berpaling ke produk lain yang sejenisnya. Seperti misalnya adalah produk kopilung. Seiring dengan perkembangan zaman saat ini, para pelaku UMKM Desa Melung selaku pemilik produk kopilung dituntut untuk dapat bersaing dan berupaya secara terus menerus untuk mempertahankan produknya di pasaran. Salah satu upaya yang diperlukan untuk mempertahankan produk tersebut adalah dengan melakukan pelatihan kepada para pelaku UMKM Desa Melung tentang efektifitas membangun product branding kopilung sebagai kopi khas Desa Melung. Proses branding dilakukan agar dapat menempatkan produk kopilung pada posisi bersaing yang kompetitif dengan produk lain yang sejenis serta dapat mempengaruhi konsumen untuk memilih produk tersebut dibandingkan dengan produk maupun merek pesaing. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan persuasif edukatif dengan metode ceramah serta pendampingan. Luaran yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah dapat meningkatkan pengetahuan serta daya saing para pelaku UMKM Desa Melung mengenai pentingnya membangun product branding dalam bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-31