PEMBERDAYAAN UMKM PEYEK SANTOSO IMOGIRI BANTUL MELALUI DIGITAL MARKETING

Authors

  • Adhianty Nurjanah, Sakir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v5i2.1193

Keywords:

Covid-19, Digital Marketing, Pemberdayaan UMKM

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 salah satu sektor yang mengalami dampak tertinggi yakni penurunan penjualan yang drastis yakni Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), keterbatasan ruang penjualan tatap muka perlu digantikan dengan pemasaran secara digital. Tujuan pengabdian yang dilakukan yakni untuk memberikan pemberdayaan kepada UMKM Peyek Santoso Palemadi Sriharjo Imogiri Bantul Yogyakarta yang memproduksi peyek kacang dan teri yang belum memanfaatkan digital marketing dalam pemasarannya selama ini hanya melalui pemasaran langsung di rumah pribadinya dan pemasaran dari mulut ke mulut (worth of mouth). Selain itu Peyek Santoso belum memiliki kemasan yang menarik bagi konsumen. Di era pandemi covid-19 ini UMKM Peyek Santoso ini sangat dirasakan dampaknya dengan mengalami penurunan omzet sebesar 80%. Pengabdian ini telah berhasil memberikan solusi kepada UMKM Peyek Santoso diantaranya mengatasi permasalahan tersebut dengan memperbaiki sistem penjualan dan pengemasan; melaksanakan pelatihan Media Sosial Peyek Santoso dan pembuatan media promosi digital marketing Peyek Santoso. Adapun impact dari hasil tersebut yakni peningkatan pengetahuan dan penguasaan digital marketing 82% dan peningkaran kualitas produk berupa kemasan yang menarik bagi konsumen sebanyak 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-26