PELATIHAN SMARTPLS 3.0 UNTUK PENGUJIAN HIPOTESIS PENELITIAN KUANTITATIF
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v5i1.1094Keywords:
SmartPls, STMIK Pesat Nabire, Data Stastistik, Penelitian KuantitatifAbstract
Kegiatan pengajaran tidaklah bertolak belakang dengan kegiatan penelitian tetapi keduanya saling memperkaya . Untuk mendorong, meningkatkan dan memfasilitasi dosen di STMIK Pesat Nabire untuk melaksanakan penelitian maka diperlukan pelatihan bagi dosen. Salah satu pelatihan yang dibutuhkan dalam rangka mendorong dosen dalam meningkatkan penelitiannya adalah memperkaya pengetahuan dosen dalam metode analisa penelitian kauntitatif dalam mengolah data stastistik. Salah satu aplikasi yang terbaru dan mudah digunakan dalam mengolah data statistik adalah SmartPls. Pelatihan aplikasi SmartPls dilaksanakan secara online selama 5 hari dimana setiap sesi dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu penyampaian materi pelatihan, tanya jawab dan pemberian tugas. Berdasarkan evaluasi dilakukan dengan cara mengirim kuisoner kepada peserta dengan mengunakan google form ke email masing-masing peserta maka didapatkan hasil bahwa setelah mengikuti pelatihan SmartPls bahwa peserta pelatihan mengalami pemahaman terhadap aplikasi SmartPls sebesar 62,59 %.