Kajian Studi Pustaka Tentang Metode Pengajaran Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Risman Iye Universitas Iqra Buru
  • Kamasiah STAI YPIQ Baubau
  • Hendrawan Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Kajian Studi Pustaka, Metode Pengajaran, Cerita Rakyat

Abstract

Kajian studi pustaka ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai metode pengajaran cerita rakyat yang telah dikembangkan dan diterapkan dalam pendidikan sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai metode pengajaran cerita rakyat yang telah diterapkan di sekolah dasar, serta mengevaluasi efektivitas metode-metode tersebut dalam mengembangkan karakter, keterampilan literasi, dan pemahaman budaya siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mensintesis berbagai literatur yang relevan mengenai metode pengajaran cerita rakyat di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pengajaran cerita rakyat dalam pembelajaran di sekolah dasar menawarkan potensi besar untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan pembentukan karakter. Meskipun menghadapi tantangan seperti kurangnya pelatihan guru dan sumber daya, pendekatan ini dapat menjadi alat yang efektif dalam mengajarkan nilai-nilai moral dan budaya kepada siswa. Dengan dukungan yang memadai melalui pelatihan dan pengembangan kurikulum yang relevan, metode ini dapat memperkaya pengalaman belajar dan mendukung pertumbuhan karakter siswa secara holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., Yuniarti, Y., & Nurhuda, T. F. (2021). Revitalisasi cerita rakyat berbasis teknologi Mixed Reality di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 215-225.

Acoci, A., Farisatma, F., Sadepilon, F., Elfani, E., Basri, W. O. M. D., Herlinda, H., ... & Sakina, N. (2023). Pengamatan Sarana dan Prasarana pada Program Pengenalan Lapangan Persekolahan di SD Negeri 2 Lamangga. JPW: Jurnal Pengabdian Wakaaka, 1(2), 59-68.

Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1-6.

Anggara, A. Y. (2020). Pengembangan bahan ajar cerita rakyat berbasis komik untuk penanaman kemampuan literasi siswa Sekolah Dasar Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 210-222.

Arifin, Z. (2022). Metode Pembelajaran Imajinatif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Cerita Rakyat Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(3), 49-62.

Arsad, A., Ramadhan, R., & Lariyos, Z. (2023). Pelatihan Penulisan Wacana Persuasif Otomatis Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Program D-III Keperawatan Buton. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 161-121.

Aswat, H., Fitriani, B., Sari, E. R., & Muliati, M. (2021). Analisis pelaksanaan penguatan karakter religius selama masa distance learning pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4301-4308.

Azis, A. R. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar melalui Metode Mendongeng. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 43-54.

Ernawati, E., & Kanzunnudin, M. (2023). Analisis Cerita Lisan Asal–usul Nyai Ageng Ngerang dan kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 311-317.

Hasanah, S. U., Hidayat, S., & Pranana, A. M. (2022). Analisis Penanaman Nilai Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Literasi Membaca Cerita Rakyat di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 282-288.

Hidayatullah, A., & Kanzunnudin, M. (2020). Analisis Struktur, Fungsi, dan Nilai Pada Folklor Nawangsih Untuk Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 148-167.

Ihzan, N. (2021). Kajian Ekologi Sastra Dalam Cerita Rakyat Kongga Owose dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar. SELAMI IPS, 14(2), 52-64.

Iman, Y. M., & Sulaeman, Y. (2019). Nilai pendidikan pada cerita rakyat legenda tanjung lesung sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Cakrawala Pedagogik, 3(2), 132-142.

Jaya, Y. F., Djuwita, P., & Muktadir, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook pada Materi Cerita Rakyat Bengkulu untuk Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 25-34.

Khairil, K., Siregar, F. S., & Suprayetno, E. (2020). Budaya Literasi Anak Melalui Cerita Rakyat Sumatera Utara Di Kampung Nelayan Seberang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 121-129.

Krisnawati, K., Sukmawati, S., & Husniati, A. (2022). Kasede-sede Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(3), 891-901.

Kuswono, K., Sumiyatun, S., & Setiawati, E. (2021). Pemanfaatan Kajian Sejarah Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah di Indonesia. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 6(2), 206-209.

La ode Onde, M., Aswat, H., Fitriani, B., & Sari, E. R. (2020). Integrasi penguatan pendidikan karakter (PPK) era 4.0 pada pembelajaran berbasis tematik integratif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 268-279.

Lisnawati, L. (2021). Pengembangan modul cerita rakyat terintegrasi latar cerita daerah Sulawesi Selatan pada siswa sekolah dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 4(1), 59-74.

Mahyudin, M., Suherman, A., Sa'ban, L. A., Wijaya, A. A. M., Maulana, H. F., Rahim, A., ... & Ajhar, R. (2024). Participation in monitoring the 2024 election through election monitoring agencies. Community Empowerment, 9(3), 445-454.

Nisa, Z. E. K. (2019). Ethnomathematics Digital Comics (EDC) sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Pendidikan Dasar.

Prasetyo, H., Mastiah, M., & Mardiana, M. (2022). Analisis nilai moral dalam “kumpulan cerita rakyat suku dayak randuk” dan relevansinya dengan pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 64-74.

Putri, D. A. A. (2020). Cerita Rakyat Berbasis Sosiokultural: Studi Pengenalan Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 602-612).

Rachmawati, D. L., & Fadhilawati, D. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Anak (Young Learners) Melalui Lagu dan Cerita Rakyat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2302-2314.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan storytelling dengan menggunakan cerita rakyat Sasak pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153-160.

Romadhan, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Budaya Literasi Melalui Cerita Rakyat dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 81-88.

Samsuddin, S., Haeniah, N., & Karma, R. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Daerah Buton Tengah Dan Penerapannya Sebagai Bahan Ajar Pada Siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan, 8(2), 289-300.

Sapriline, S., Mardiana, D., & Simpun, S. (2023). Model terpadu buku cerita rakyat, ungkapan dan peribahasa berbahasa Dayak Ngaju-Indonesia untuk sekolah dasar. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 201-213.

Sari, W. N., & Khanzunnudin, M. (2023). Cerita Legenda Desa Pulorejo dalam Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 9-14.

Sulistyaningsih, A., Cahyono, B. E. H., & Irawati, L. (2022). Nilai karakter dan kearifan lokal dalam cerita rakyat di Kabupaten Ngawi serta sumbangannya bagi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(3), 239-250.

Tamrin, K., Krisnawati, K., & Yusnan, M. (2023). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tolando Jaya. Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 311-321.

Ulfa, L., & Haryadi, H. (2022). Analisis Nilai-Nilai Edukatif untuk Siswa Sekolah Dasar pada Cerita Rakyat Bujang Kurap. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 308-312.

Umri, C. A. (2021). Nilai-Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat Baturaden Pada Masyarakat Banyumas Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra Di Sekolah Dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 93-100.

Widyahening, C. E. T., & Rahayu, M. S. (2021). Pembelajaran kosa kata bahasa Inggris dengan media cerita rakyat bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 108-123.

Yusnan, M. (2022). Nilai pendidikan: intertekstualitas dalam cerita rakyat Buton. Rena Cipta Mandiri.

Downloads

Published

2024-04-30