Implementasi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Feldasni Universitas Muslim Buton
  • Selni Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rizky Nur Bait Universitas Muhammadiyah Buton
  • Jabir Universitas Muhammadiyah Buton
  • Cipta Ilma Kasih Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Peran Guru, Kemampuan Berbicara Siswa

Abstract

Keterampilan berbicara yang baik pada siswa sekolah dasar juga dapat mendukung keberhasilan mereka dalam bidang akademik lainnya. Kemampuan untuk mengemukakan pikiran dan ide secara lisan membantu siswa dalam mengikuti pelajaran, berpartisipasi dalam diskusi kelas, dan menyelesaikan tugas-tugas yang melibatkan presentasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, bertujuan untuk memahami secara mendalam peran guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di sekolah dasar. Instrumen penelitian meliputi panduan wawancara untuk menggali pengalaman dan strategi guru, pedoman observasi untuk mencatat praktik pengajaran di kelas, serta dokumentasi seperti rencana pelajaran dan catatan evaluasi keterampilan berbicara siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru sebagai pendidik, motivator, mediator, dan fasilitator sangat krusial dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Melalui peran ini, guru dapat memfasilitasi latihan berbicara yang efektif, memberikan dorongan positif, serta mengatasi hambatan yang dihadapi siswa, sehingga secara signifikan meningkatkan kemampuan berbicara mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adliani, S., & Wahab, W. S. A. (2019). Pemanfaatan video untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II (Vol. 2, pp. 141-145). FBS Unimed Press.

Agustyawati, D. (2024). Fostering Effective School Leadership for Disciplined Excellence. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education, 3(01), 51-61.

Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan berbicara siswa sekolah dasar pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327-7333.

Arna, S. (2022). Peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui media Big Book siswa kelas I MI pada pembelajaran bahasa Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Subandiyo, M., & Amalina, N. (2019). Exploring Obstacles in Language Learning among Prospective Primary School Teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 249-254.

Aswasulasikin, A., Sri Pujiani, P., & Marisa Apnika, A. (2023). Improving Skill Indonesian language in 4th grade Elementary School Students of the Macro Role Playing Approach. Interdiciplinary Journal of Education (IJE), 1(1).

Aviqi, E. T., Husain, R., & Pulukadang, W. T. (2023). Pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berbicara pada siswa. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 103-112.

Basri, F., Sahib, H., & Kaharuddin, K. (2023). Peran guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(8), 3043-3052.

Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 161-174.

Cipta, N. H., Rokmanah, S., & Mulki, S. T. M. (2023). Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SDN Bhayangkari. FONDATIA, 7(4), 841-849.

Dhari, P. W., Anggraini, H., & Nasution, M. K. (2022). Peran guru kelas dalam mengembangkan keterampilan berbahasa siswa kelas rendah. Ta'dib, 12(1), 43-51.

Sari, E. R., Yusnan, M., & Matje, I. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Eduscience, 9(2), 583-591.

Fatmawati, Y., & Wiranti, D. A. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 2053-2063.

Fransisca, V. (2023). Improved Speaking Skills In English Language Learning In Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(12), 1310-1317.

Hayani, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 221-230.

Hoerudin, C. W. (2023). Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Jurnal Primary Edu, 1(1), 114-124.

Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023). Peranan Guru Dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Samasta.

Kasiyun, S., Ghufron, H. S., & Marianti, P. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5289-5298.

Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan storytelling untuk meningkatkan keterampilan berbicara di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038-1046.

Khusna, M., Rahmawati, D., Revolusi, B. D., Karimah, S., Hardhini, G. K., & Sumadi, C. D. (2023). Identifikasi Keterampilan Berbicara Yang Diajarkan Guru Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 19-26.

Lubis, E. L. S. (2020). The Development of Indonesian Teaching Materials to Improve The Language Skills of Elementary School Students. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 3(2), 49-58.

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis pentingnya keterampilan berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2. Edisi, 3(2), 243-252.

Mujiati, A. (2023). Teachers' Efforts to Improve the Speaking Skills of Grade IV Students in Indonesian Learning at SD-IT Teuku Umar. International Journal of Education, Language, and Social Science, 1(1), 26-32.

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 893-898.

Priatna, A., & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 147-159.

Rahmatullah, A. S., & Ghufron, S. (2021). The Effectiveness Of'facebook'as Indonesian Language Learning Media For Elementary School Student: Distance Learning Solutions In The Era Of The Covid-19 Pandemic. Multicultural education, 7(04), 27-37.

Ramadhan, A., & Syahputra, A. (2023). Efforts to Increase Children's Learning Creativity Through Role Playing in Indonesian Language Learning for Fourth Grade Students at Elementary School (050659 Kwala Bingai Neighborhood 9 Stabat). International Journal of Students Education, 603-606.

Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 42-56.

Rosdiana, C. P. (2023). The Effectiveness of the Role Playing Method on Students' Speaking Skills in Indonesian Language Learning for Elementary Students. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 6(2), 125-134.

Salim, H., & Hanif, M. (2021). English Teaching Reconstruction at Indonesian Elementary Schools: Students' Point of View. International Journal of Education and Practice, 9(1), 49-62.

Santika, A., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 3(2), 83-96.

Saputra, D. S., Yuliati, Y., & Febriyanto, B. (2021, February). Effectiveness of puppet media in improving speaking skills of elementary school students. In Journal of physics: Conference series (Vol. 1764, No. 1, p. 012128). IOP Publishing.

Saputri, D. A., & Katoningsih, S. (2023). Peran guru PAUD dalam menstimulasi keterampilan bahasa anak untuk berpikir kritis pada usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2779-2790.

Sholihah, M., & Amaliyah, N. (2022). Peran guru dalam menerapkan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898-905.

Sukma, E., Ramadhan, S., Aldiyah, M. P., & Sihes, A. J. (2023). Challenges in Implementing Indonesian Language Teaching Materials in Elementary Schools. International Electronic Journal of Elementary Education, 16(2), 225-237.

Susanti, S., Hartati, T., & Nuryani, P. (2021). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1-12.

Suyitno, A., Sudarya, Y., Akhmad, B., Santosa, S., & Budiarto, F. (2021, November). The effectiveness of using the sociodrama method in efforts to improve speaking skills in elementary school students. In Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences, ICONESS 2021, 19 July 2021, Purwokerto, Central Java, Indonesia.

Verawati, W. O. C., Fazila, N., Safila, D., Sherly, S., Yusnan, M., & Alhasan, S. E. (2023). Orientasi Smart Parenting dalam Membangun Tumbuh Kembang Peserta Didik. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 91-94.

Utami, N. C. M., Azzahra, S. F., & Nuryani, N. (2023). Analysis of Speaking Skills with Storytelling Method in Indonesian Language Learning in Elementary Schools. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 358-371.

Yarmi, G. (2019). Whole-language approach: Improve the speaking ability at early years school level. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 15-28.

Downloads

Published

2024-04-30