Meningkatkan Keterampilan Menulis Menggunakan Media Cerita Bergambar dalam Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Katobengke

Authors

  • Mira Mira Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Yusnan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irman Matje Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninkatkan keterampilan menulis siswa menggunkan media cerita bergambar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 3 Katobengke. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pengatahuan siswa tentang membaca nyaring serta penggunaan media yang belum maksimal pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 3 Katobengke pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Jumlah siswa di kelas III yaitu 25 siswa diantaranya 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus, siklus I dan siklus II dengan KKM Bahasa Indonesia 70% yaitu: hasil penelitian pada pra siklus siswa yang mencapai nilai KKM ada 10 orang siswa (40%). Selanjutnya pada siklus I siswa yang mencapau nilai KKM ada 15 orang siswa (60%). Pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM ada 11 orang siswa (84%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dusimpulkan bahwa pengunaan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 3 Katobengke. Guru disarankan dapat menggunakan media cerita bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-08