Faktor-Faktor Penyebab Verbal Bullying oleh Siswa di Sekolah
Keywords:
Analisis, Verbal Bullying, Sekolah, SiswaAbstract
Verbal bullying merupakan kekerasan yang dilakukan dengan perkataan negative dimana hal yang dilakukan terdeteksi oleh indera pendengaran korban. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang dampak verbal bullying terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD Negeri 22 Kendari. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang melibatkan kualitatif yang mendalam terahadap individu, kelompok, institusi dan sebagainya dalam waktu tertentu dengan tujuan untuk menemukan makna, mengeksplorasi proses serta memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam dari kasus yang di teliti serta apresiasi kasus-kasus yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil (observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil penelitian), disimpulkan bahwa terkait verbal bullying yang terjadi di akibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya akibat faktor keluarga, faktor sekolah, faktor teman sebaya, faktor media, dan faktor kepribadian.