ANALISIS KONSEP PEMBELAJARAN MELALUI KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Analisis, Konsep Pembelajaran, Kemampuan SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep pembelajaran melalui kemampuan siswa dengan menggunakan purposive sampling dan sampling jenu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sumber data yang digunakan sumber data primer yaitu wawancara siswa dan wali kelas, data sekunder yaitu dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumen dan rekam catat. Dengan teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, redaksi data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan komponen pembelajaran meliputi: tujuan pembelajaran, materi, subyek, evaluasi, media, metode, strategi, komponen penunjang, tahapan intruksional, tahapan praintruksional dan tahapan evaluasi berdasarkan hasil analisis kemampuan daya ingat siswa memiliki perbedaan berdasarkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dibedakan dua jenis penelitian yaitu daya ingat panjang dan daya ingat rendah. Kesimpulan dari komponen pembelajaran melalui kemampuan daya ingat anak yaitu setiap anak membutuhkan perbedaan waktu untuk mengingat setiap kejadian/peristiwa dalam proses pembelajaran dan inilah yang terjadi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Marga Karya.